Laman

Selasa, 26 April 2011

MENGEMBANGBIAKKAN HAMSTER

   Hallo hamster lover. .setelah ane share beberapa informasi yang mungkin bisa ngebantu kalian dalam memilih, merawat dan seputar hamster lainnya sekarang ane mau nambahin info bagus lagi nih.  setelah kalian beli dan ngerawat hamster, kalian bisa nentuin apakah mau dijodohin (buat yg punya lebih dari sepasang hamster) atau mau dibiarin aj satu kandang rame-rame. nah, klo kalian milih buat ngejodohin / ngembangbiakin berikut ane bakal kasi caranya

MENJODOHKAN HAMSTER :


1. masukan hamster jantan duluan ke kandang sekitar 10-15 menit gunanya biar si hamster jantan tau wilayahnya dulu (ukuran kandang untuk kawin p x l x t = 25 x 15 x 20 cm.) kandang jgn terlalu besar nanti lama bikin anaknya.

2. udah gitu masukin betina, tunggu sekitar 15 menit klo akur alias gak berantem berarti mereka udah jodoh tapi klo mereka berantem sampe abis-abisan maka kalian harus cepet pisahin (klo berantem kecil sih gak masalah). untuk membedakan jenis kelamin hamster sebelumnya udah ane kasih tau di artikel sebelumnya.

3. menjodohkan bisa dari usia 1 bulan tapi idealnya pada saat hamster usia 2 bulan karena mrk udah bisa kawin pada usia 2 bulanan.

4. nah klo udah jodoh kita tunggu deh sampe mereka kawin dan betina hamil.

   Saat udah dijodohin kalian bingung kan kapan hamsternya hamil ? gimana ciri-cirinya hamster hamil ? gak usah bingung, gw bakal kasih nih ciri-ciri hamster hamil :

CIRI-CIRI HAMSTER HAMIL dan CARA MERAWATNYA :


1. Nafsu makan bakalan meningkat, lebih banyak makan dan minum

2. bentuk tubuh seperti buah pir, dan perut gendut ke depan (berbeda dengan hamster gemuk yang gendutnya ke samping)


3.puting susu terlihat jelas, semua hewan menyusui juga sama.


4. lebih agresif dan galak.


5.suka menggigit, dia suka menggigit pejantan kalau sedang hamil, ya itu dia sedang tidak suka dengan pejantan. untuk kasus ini tegantung karakter hamsternya sendiri ada yang galak sama jantannya tapi ke kita baik,ada juga yang galak ke kita tapi ke jantan baik, ada juga yang galak kedua-duanya. intinya balik lagi kesifat dan karakternya.


6. kalau ditekan perutnya(jangan terlalu kuat) akan terasa benjolan. Pada umumnya masa hamil hamster itu sekitar 20 hari.


7. pisahkan jantan dari betina yang hamil dengan tujuan takut ntar saat ngelahirin bayi hamsternya bisa dimakan. klo ane pribadi gak pernah tuh misahin jantannya gw biarin aj sampe anakan gede dan hasilnya baik-baik aja tuh anaknya lincah dan sehat (pengalaman pribadi dan terbukti loh. .). tapi buat kalian yang ragu sebaiknya pisahin aja jantannya (cari aman. .haha)


8. gak perlu ngasih sobekan kertas, kain atau apapun itu. cukup dengan serbuk kayu aja hamster bakalan otomatis nyusun sarangnya sendiri.


9. usahakan kandang harus udah dibersihin dulu karena ntr klo udah ngelahirin kandang gak boleh diganggu gugat alias gak boleh dibersihin dulu.


10.saat yang ditunggu-tunggu tiba, Hamster kita udah ngelahirin pastinya kita perlu ngasih perawatan khusus. ane bakal kasih juga  cara ngerawat bayi dan induk hamnster yang menyusui.




CARA NGERAWAT BAYI DAN INDUK HAMSTER YANG MENYUSUI :


1. Jangan pegang bayi hamster karena nanti bau manusia bakal nempel dibayinya dan bakalan dimakan inuknya, klo pengen ngambil bayinya pake alat bantu aja berupa sendok. klo hamster-hamster gw sih ga masalah mau dipengang apa kaga juga. tapi sekali lagi untuk amannya biarin aj bayinya jangan disentu sedikitpun.. .hehe


2. jangan sering-sering diintip apalagi d'pelototin terus, soalnya ibu hamster bakalan ngerasa keganggu dan bayi gak disusuin secara kontinyu bahkan bisa sama sekali ga disusuin dan mati deh bayinya. jadi biarin aja si induknya jangan diganggu ntar juga bayinya gede sendiri, palingan kita liat pada saat ngasih makan aja.


3. jangan sampe telat ngasih makan karena bisa jadi induk yang kelaparan bakalan menyantap anaknya, ,nah loh ?makanan porsinya agak dibanyakin dari biasanya karena induk yang menyusui membutuhkan banyak gizi dan energi.


4. kasih minum atau gak kasih wortel 2-4 iris, pilih salah satu sesuai kamampuan kalianmau wortel atau air


5. kandang jangan dulu dibersihin sampe bayinya udah bisa dipisah. jadi mau kandangnya kotor atau bau juga biarin aja. 
(makanya saat hamil harus dibersihin dulu kandangnya biar pas ngelahirin kandang gak terlalu kotor).


6. setelah usia 3 minggu bayi udah bisa dipisahin dari induknya tapi saran gw sih usia 1 bulan aja dipisahnya biar bayi udah agak besaran dan ga gampang sakit.


7. saat bayi udah dipisah dalam jangka waktu sekitar 2 minggu si betina udah hamil lagi. (siap-siap aja. .haha)




itu dia beberapa informasi yang ane sampein semoga sangat bermanfaat buat kalian semua. .
dan kalian gak bakalan bingung lagi mengenai masalah seputar hamster. .


ane mw ngucapin makasih banyak  buat kalian. .
Salam Hamaster Lover...^__^

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites