Laman

Selasa, 26 April 2011

Jenis-jenis Hamster

Jenis hamster yang ada di Indonesia umumnya ada 4 jenis yaitu hamster Syirian, Campbel, Winter White dan Roborovski. Hamster yang paling banyak dipasaran adalah hamster Campbel karena hamster ini sangat mudah untuk diternakan. Berikut ini akan dibahas satu persatu jenis hamster mulai dari Campbel sampai Roborovski.

1. Campbell
Variasi Campbell
 Hamster camppbel ini satu-satunya hamster yang sangat buas kalau dipegang sering menggit. Hamster ini mempunyai waktu 2 bulan saja untuk mematangkan kelamin, itu yang membuat hamster ini banyak dipasaran. Harga hamster ini bervariasi mulai dari  3.000 sampai 20.000, untuk campbel polos biasanya dijual 4000-5000 dan yang paling mahal untuk jenis ini adalah campbell panda yang harganya bisa mencapai 20.000/ekor. Tapi kalau mau beli ke saya, saya kasih harga murah sesuai dengan jumlah barangnya juga.Hamster campbell sangat sulit dijinakan karna hamster ini sangat buas, hamster campbell juga sering memakan anaknya sendiri. Hamster ini sangat cocok untuk pemula, apabila ingin bisa merawat hamster lebih baik memelihara hamster jenis ini dulu karena kalaupun mati tidak bakal rugi karena harganya murah meriah.


2. Syirian                                         
Hamster Syirian
 Wah hamster yang satu ini, kalau sudah menjadi indukan besarnya bisa sampai 15cm, hamster ini tidak menggigit atau buas. Biasanya hamster ini indah pada bulunya saat dewasa, bulunya hampir mirip dengan kucing anggora. Adapun macam hamster ini berdasarkan bulunya antara lain short hairlong hair, rex dan satin. Adapun kekurangan dan kelebihan hamster ini:

Kelebihan Hamster Syrian:
  1. Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak.
  2. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan.
  3. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak.
  4. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang.
  5. Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.
Kekurangan Hamster Syrian:
  1. Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini.
  2. Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak.
  3. Selain itu hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.


3. Winter White
Winter White Pearl
 Winter White Hamster merupakan hamster yang mudah untuk dijinakan, hamster ini tidak menggit atau lebih kalem dari pada campbell. Bentuk hamster ini mirip dengan campbell tetapi tidak seperti campbel yang buas, apabila hamster ini melahirkan, anda bisa memegang anak hamster dan dijamin gak bakalan dimakan sama induknya (beda dengan campbell). Masak kelamin hamster ini memakan waktu 4 bulan dihitung mulai lahir. Hamster winter white ini mempunyai banyak jenis berdasarkan warna bulu yaitu winter white/WW Normal, WW Pearl, WW Golden, WW Argente, WW Blue Argente, WW Safir. Kalau bicara harga hamster ini sangat bervariasi (tergantung yang jual), kalau di gua harga hamster ini antara lain WW Normal 10rbu, WW Pearl 25rbu, WW Golden Mata Merah 175rbu, WW Golden Mata Hitam 30rbu, WW Pearl 25rbu, WW Blue Argente 25rbu. Biar dapat membedakan jenis-jenis hamster ini, saya akan memberikan foto untuk anda.
WW Pearl
WW Normal, ada yang menyebut WW Safir/Argente

WW Blue Argente
 WW Golden Red Eye














WW Golden Black Eye
WW Pearl Red Eye (PRE)





































3. Roborovski
Hamster Roborovski ini mempunyai 2 jenis saja yaitu Robo White Face dan Robo Normal. Perbedaannya pada muka hamster, pada Robo White face mukanya terlihat putih sedangkan pada Robo Normal hanya terlihat warna coklat pada muka. Hamster ini sangat kesit dan sulit dijinakan, selain itu hamster ini mempunyai masa matang kelamin yang cukup lama sekitar 5-6 bulan baru bisa mempunyai anak. Untuk perawatannya, hamster ini sangat mudah untuk dirawat karena Robo makan dan minum sedikit dibandingkan hamster yang lain sehingga kotorannya juga sedikit. Saya akan memberikan foto hamster ini biar Anda bisa membedakannya. Harga hamster ini sekitar 70-90rbu untuk Robo Normal sedangkan Robo WF sekitar 90-150rbu, kalau di saya harganya Robo Normal dan Robo WF adalah 80rbu dan 120rbu. Murah kan..
Roborovski White Face/WF
Roborovski Normal

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites