Laman

Jumat, 11 Maret 2011

Gempa dan Tsunami Ancam 20 Negara


TEMPO Interaktif, Tokyo - Gempa bumi yang diikuti gelombang tsunami mengancam 20 negara di berbagai wilayah kepulauan Pasifik termasuk Jepang, wilayah pantai Rusia, Kepulauan Marcus, Utara Marianas, Pulau Wake, Taiwan dan Guam. 

Masyarakat yang tinggal di kawasan pantai diminta segera mengevakuasikan diri. Badan Nasional Kelautan dan Atmosfer Amerika Serikat mengingatkan tsunami bisa menghancurkan kawasan pantai di Hawaii. 

"Tindakan cepat menyelamatkan nyawa dan properti harus segera dilakukan," demikian peringatan yang disampaikan melalui buletin yang dikeluarkan sejak Kamis (10/3) malam waktu setempat. Gelombang itu diperkirakan akan menghantam Hawai hari ini pada pukul 3 sore waktu setempat. 

Gelombang tsunami akan menyapu Samudera Pasifik setelah gempa 8,9 skala richter menggoyang sebelah timur laut pulau Honshu, Jepang. Tsunami kemudian menghantam wilayah Miyagi, menghanyutkan bangunan, mobil dan kapal. 

Tsunami ini merupakan yang terbesar setelah bencana serupa terjadi di Provinsi Aceh pada 26 Desember 2004. Akibatnya, kerusakan hebat menimpa wilayah itu dan menewaskan ratusan ribu orang. 

CNN | Aqida Swamurti


 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites