Laman

Jumat, 11 Maret 2011

Sore Nanti, Tsunami Diprediksi Hantam Indonesia Timur

foto 

AP Photo/Kyodo News
TEMPO Interaktif, Jakarta -Tsunami yang terjadi pasca gempa bumi berkekuatan 8,8 skala Richter yang menggoyang Jepang siang tadi diperkirakan akan menghantam kawasan Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tsunami akan menyentuh kawasan utara Papua, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara petang nanti.


"Perkiraan (tsunami) sampai Manokwari, Sorong, Jayapura di Papua, serta Sulawesi Utara dan Maluku Utara pukul 18.00 WIB atau 20.00 WIT," kata Kepala Subbidang Informasi Dini Gempa Bumi BMKG, Rahmat Triyono, ketika dihubungi, Jum'at (11/3).

Rahmat menjelaskan, menurut pantauan BMKG, saat ini tsunami telah mulai menyapu sebagian wilayah pesisir Jepang dengan ketinggian 3,3 meter. Jika menyentuh kawasan Indonesia, gelombang tsunami diperkirakan sudah tidak terlalu tinggi. "Sekitar satu meter," ujarnya.

Gempa berkekuatan 8,8 skala Richter menggoyang Jepang siang ini. The Pacific Tsunami Warning Center di Hawaii mengeluarkan peringatan ancaman tsunami. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Jepang, Rusia, Marcus Island, dan Northern Marianas. Pengamatan tsunami juga disiagakan di Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan Hawaii.

MAHARDIKA SATRIA HADI sumber: Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites