Laman

Selasa, 03 Mei 2011

Iguana

sebelumnya lo baca2 dolo artikel gw yg sebelum2nya, disitu lbh lengkap penjelasannya
ini cuma rangkuman pertanyaan yg sering ditanyain ama yg sering lewat,
dibikin aja biar rapi n pada baca dulu biar ga keliru…
1. gw nangkep iguana ni sama temen di atas pohon, gimana ngerawatnya?
-Iguana ga ada di utan Indonesia, kecuali ada iggy orang lepas (siapa ya? ), trus lo yg nemu, mujur deh
-di utan sini adanya bunglon, ama forest dragon kalo mau piara si terserah, tp rawan stres trus mati loh, kasian..
2. Beda Iguana sama bunglon ato forest dragon gimana? takut salah beli ni
nih gw kasih gambar biar ga ketipu seller di pasar pinggir jalan yg jualan bunglon/forest dragon dibilang iguana
uda ada kasusnya,

iguana

Bunglon

Forest Dragon

3. Gw mau beli iggy nih sepasang, bedain cewe ama cowo gimana?
kalo beli yg baby sih susah ngebedainnya,
bahaya salah beli cowo smua ntar malah jadi homo ntr
uda bisa dibedain biasanya pas umur uda masuk setaunan,
4. Udah mesen iggy nih, uda liat fotonya kok, bukan bunglon trus apa yg harus disiapin?
-siapain kandang (penting!) kecuali mau free-roam, rawan ilang kalo belom jinak, yg jinak aja bisa ilang :D
-kandangnya kl bs dikasi tangkrigan
(iguana memiliki sifat arboreal (hidup di pepohonan) jadi dia suka manjat manjat ketempat tinggi, kalo bisa dikandangnya ada kayu buat bertengger diatas, sambil jemuran, kan enak diliat)

5. kandangnya kasih alas apaan?
kandangnya kasih alas jangan yg bahan bisa ketelen, soalnya iggy biasa jilat jilat buat ngedeteksi suhu n kelembaban,
bahaya kalo make alas pasir ketelen smua dah tuh, apalagi serbuk kayu buat hamster
yg direkomendasiin sih koran biasa (sejuta umat pake koran),
enak tuh ud murah gampang gantinya kl kotor, ga enaknya kalo iggy sering pup repot ganti terus
6. kandangnya kasih lampu ga gan?
tergantung kebutuhan, kalo lg sering ujan n jarang bisa kena matahari langsung, mending dikasi lampu penghangat biasa yg spotone murah ga nyampe 10rb,
kalo sama sekali ga bisa kena matahari langsung, mending dikasih lampu UVB deh, ini yg gak 10ribu harganya
soalnya iggy juga perlu sinar UVB buat tubuhnya, kalo kekurangan sinar UVB bisa kena MBD loh…
tambahan, Kalo ngasih lampu penghangat ato lampu UVB jaraknya jangan terlalu deket, bisa kepanasan iggynya, >30-45cm lah kalo digantung (lampunya bukan iggynya)
7. Iggynya ud nyampe neh! dikirim kerumah, diapain ni, bingung mulu..
-kalo iggy baru nyampe dirumah, (ingat!) iggy butuh adaptasi, sama kaya anak yg baru pindah ke sekolah baru,
jadi bikin senyaman mungkin, taruh kandangnya dipojokan, yg jarang dilewatin orang, n jauh dari anak kecil 5thn-an yg suka lompat lompat sambil teriak teriak “waaa ada naga, mau liat mau liat!”
-pas masa adaptasi, mungkin awalnya iggy belom mau makan (mungkin) tiap iggy beda, ada yg baru nyampe langsung lahap kaya uda kenal lama aj
8. Udah ditaruh ditempat aman nih iggy sama kandangnya, makannya gimana?
kalo iggy udah mau makan, mantep nahh.. kalo belom mau makan ada beberapa cara :
-kasih makan dulu sedikit, tinggalin di kandangnya, jangan diganggu, bagian atas kandang tutup ato kalo ada tempat hide ato cave lebih bagus jadi iguana ngerasa terlindungi pas awal-awal,
-kasih makannya dikit aja dolo, liat beberapa jam, uda dimakan belom, kalo uda ntar dikasih lagi, kalo belom ya biarin sampe dimakan,
kalo hari pertama masih belom dimakan (kaya iggy pertama gw dulu) ganti makanannya, kasih yang baru, sapatau gak doyan sayur yg lo kasi
9. Loh kok cuma makanan, iggy kan juga mau minum, gimana dong, gw kasih mangkuk isi aer ya dikandangnya?
-jangan taruh mangkok isi minuman di kandang iggy, (not reccomended!) selain bisa tumpah juga iggy “jarang” (bukan ga pernah) minum langsung dari wadah, dia biasanya ngambil air dari makanan yg dia makan, jadi biasanya makanannya dibasahin dikit biar sekalian minum,
10. wah iggy gw pup nih, gimana bersiinnya?
-yee make nanya, ya bersiin lah bersiin yg bersih ya, kalo make alas koran masih tembus ampe kebawah kandang juga, ya dibersiin juga,
(kotoran iggy mengandung bakteri salmonella typhii (au ah bahasa setan).. bakteri penyebab tifus tuh, klo ente ngedrop aja badannya bisa kena, tapi asal jaga kebersihan sehat2 aja semua kok)
11. iggy gw uda 2x24jam ga mau pup nih, gimana donk, gw tungguin bokernya ga keluar keluar padahal makannya lancar n banyak
ada beberapa penyebab iggy ga mau boker walopun uda ditungguin ama majikannya
pertama:
-iggynya malu gimana mau boker kalo ditungguin terus-terusan (ngaco)
-menurut pengalaman, kalo suhunya kurang hangat si iggy susah pup, jemur iggynya, ato kasih lampu penghangat ato lampu UVB
beberapa hal yg terjadi pada iggy bila jarang dijemur atau suhu kurang hangat
1. kurang nafsu makan
2. kalo terlalu dingin iggy bakal diem trus, jarang gerak, terbukti pada iggy ane dikamar ber-AC (not reccomended)
3. susah pup
-satu lagi, si iggy kalo direndem di aer maka dia akan ter-stimulasi untuk boker bila ingin boker,
agan agan disini sudah banyak yg iggynya boker pas lagi dimandiin ato direndem, kl gak boker juga coba lo kasi mkn pepaya
12. Mantap nih! iggynya udah lancar makan n pup, apalagi yah?
-mandiin secara berkala iggy juga butuh mandi loh, ksian kalo ga dimandiin
-kalo mau mandiin siapin kontainer ato ember, isi aer anget anget kuku secukupnya aj jangan ampe nutupin pala, aer aja cukup
13. aernya udah aer anget anget kuku nih, tapi iggynya berontak pas masuk ke kontainer
-Beberapa kasus emang begitu, iggynya belom biasa dimandiin, ada beberapa cara,
siapin dulu aer angetnya tadi, jangan dicelupin langsung iggynya, di lap make kain basah aja, sambil dielus elus kasih air,
biar iggynya ngerasa aman n ga bakal ngerasa terancam mau ditenggelemin
kalo udah kebiasa kena aer baruu deh, coba dicelupin pelan pelan, aernya sebatas badannya aja ya, jangan tinggi tinggi,
biar ga kemasukan aer idungnya, mandiin jangan kelamaan ya, ntar flu, beler idungnya
14. Works gan udah lancar nih mandinya sambil dibersiin badannya, kasih sabun ga gan?
-gak usah disabunin juga gpp, kasih dettol bila perlu, buat bersiin bekas pup sama ngebunuh sisa bakteri yg nempel bekas pup,

-gak pake cologne ato parfum ya… jd metrosexual ntr
15. Oh bgitu, trus kandangnya diapain, masa iggynya dimandiin kandangnya ngga,
-nah ini, kasih treatment sama kaya yg bersiin sisa pup, kalo make kontainer plastik,
bersiin aja make dettol biar bekas pup yg tembus mati smua bakterinya, okee
16. Beres, iggy dan kandang udah mandi smuanya , apalagi nih?
-Jemur secara berkala abis mandi iggynya uda lega pup saatnya berjemur biar nafsu makan bertambah
-jemurnya matahari pagi ya, antara jam 8-10 pagi, sehat, kalo uda jam 11-2 siang itu nyengat,
gosong ntar uda banyak kasus
-sama jam 4 sore juga boleh, kan ga terlalu panas tuh anget anget enak,
tiap jemur jangan kelamaan n jangan ditinggal lama2, kira kira 20-30menit udah cukup,
-kalo jemur jangan dalem akuarium kaca, lebih cepet nyerap panas, ksian iggynya ntar dehidrasi, lebih banyak dapet panasnya daripada sinar matahari angetnya
(iguana berdarah dingin (cold blooded) jadi suhu tubuhnya tergantung sama suhu lingkungan, disinilah peran kita untuk menjaga suhu dan kelembaban yang dibutuhkan bagi iggy tersayang)
17. Asiik iggynya udah bersih, jemur, sama kasih makan mau maenin dipegang pegang bole ga gan?
-boleh sekalii kalo uda mulai akrab, bisa ditaruh di pundak kaya elang
awas nemplok di pala, ad jg yg demen nempel di rambut,
18. kukunya tajeemm!!! doi merayap di tangan walhasil tangan gw baret smua, gimana neh?
-namanya juga nempel di tangan ya pasti baret lah kalo kukunya panjang,
bisa diatasi dengan:
-sundut rokok kukunya (kl lo gak ngrokok, pinjem rokok bokap ato nyokap ato kakak adik watever)
-potong kukunyaa pake gunting kecil, ato gunting kuku, tapi ati ati, dikit aja,
ada pembuluh darah di kuku doi, kalo kepotong nyenggol dikit aj, cuurr mancur deh darahnya
coba liat ini..

19. kukunya pataaahhh pas dipotoong bisa tumbuh lagi ga? heelppp..
-sangat bisa, tenang aja tapi usahain pertolongan pertama pas abis patah, kalo bisa secepatnya, bersiin, kasih betadin,
biar ga kena bakteri trus cepet sembuh, kasian iggynya kalo patah dibiarin
semoga cepat sembuh
20. pas lagi diobatin di berontak nih, sial bener gw, tangan gw digigitt, huwaa..
-kalo digigit iggy yg masi baby ato juvenile? tenang aja, jangan panik, paling kaget doang, trus giginya nyangkut,
pas digigit emang sih kaget, jangan keburu ditarik, ntar giginya malah kegesek di kulit, hasilnya lbh “asik” ntr
biarin dulu ampe dia tenang, lepas sendiri, ato arahin ke kandang, paling bentar jg ud lepas kok (pngalaman)
-lo bole panik kalo iggy yg gigit ukurannya uda > 1meter
21. iggynya udah tenang, kukunya udah sembuh, uda ceria seperti semula bole disuapin ga pas makan?
-boleeeh bangeet, tapi jangan keseringan, ntar jadi manja, gawat kalo cuma mau makan kalo disuap, jadi kebiasaan,
ntar pas lo ga sempet nyuap dia ga mau makan, saking ketagihannya, bahaya, secukupnya aja,
(suatu hal yg berlebihan tidak pernah baik)
22. asiiik udah mulai jinak, boleh dikeliarin dikamar ato di rumah ga?
boleeh, tapi resiko tanggung sendiri kl ilang jgn nyalahin gw
inget hal dibawah ini :
-pas ngelepas di kamar ato ruangan lain jangan sampe ada ruang atau celah dia buat keluar, mau pintu, lobang ato
-jaga tempat tempat yg memungkinkan dia bisa kejepit, bisa masuk nar ga bisa kluar
-awas lobang tikus di bawah lemari iggy gw dulu sempet masuk, untung tikusnya ga ada, jadi diujung lobang disinarin make senter trus diumpanin selada,
dateng deh doi kluar, untung aja..
-tutup pintu n jendela!
-iggy suka manjat ketempat tinggi, doi dulu sering manjat ke gorden trus sembunyi belakang AC, sempet ga bisa kluar, disodok sodok baru keluar (not reccomended)
23. iggy gw pucet bgt warnanya nih, kulitnya kaya nglotok2 gt, gmn nih?
-itu namanya shedding, ganti kulit, semua reptil juga pasti gt
-biarin aja, tandanya iggy tambah gede tuh, kulitnya kgk melar, tp ganti yg br
24. boleh dibantu kelupasin gak pas shedding?
-boleh2 aja seh, tp jgn trlalu buru2, kl blm mateng kulitnya ntr malah luka, n jadinya kulit baru cenderung gelap
-kl shed diarea mata dibantu secepatnya deh, soalnya suka garuk2 gt pake cakarnya
25. iggy gw kok kaya ada kulit keras warna kekuning2an ya? gagal shed kah?
-bs jadi jamur tuh.. obatin lah pake dettol, ato salep kalpanax ato ultraclylin
kl mo rada ekstrim (jgn dicoba kl gak yakin, n yg pasti jgn buat area kepala) pake kalpanax cair
26. malem ujan nih, banyak laron masuk rumah (yg rumah deket utan) laronnya disantap iggy gw, gimanaa?
-iguana ga bole makan protein hewani, soalnya bisa ngerusak pencernaan, kalo udah kemakan satu,
ya apa boleh buat, asal jangan dikasih makan jangkrik aja tiap hari,
27. loh iggy yang dialam kan banyak mkn serangga? dia makan kayanya gapapa tuh?
-tau darimana dia gapapa? kalo iggy yg full-captivated ato captive breed (idup dipenangkaran) hampir smua kebutuhannya terpenuhi,
umurnya dan keadaannya lebih baik dari yang di alam liar, jadi kalo umurnya lebih panjang kemungkinan besar lebih sehat,
28. mo tanya, iggy bisa berenang ga?
-iggy sangat bisa berenang, renangnya malah hampir sama cepet sama renang biawak air gw dulu
untung ga lomba renang tuh bedua,
-renangnya gayanya mirip, meliuk liuk kaya uler, tangan sama kaki dirapetin ke samping, kebayang? (kaya pilem godzilla tuh)
jadi jangan takut kalo iggy masuk aer bakal tenggelem, kecuali lg kecapekan
29. iggy gw kaburrr, baru 5 menit masi dikamar, pas ditinggal ke toilet uda ilaang
-jangan panik, tutup semua pintu keluar, semoga iggynya masi dirumah,
-klo udah ditutup smua, cari dari tempat pertama kabur, kamar, biasanya nyelip dibuku, ato ngumpet dibalik pensil
30. ga ketemuuu, gimana nii.. T__T
-cari terus sampe dapet, kasi kangkung trap (cie bahasanya)
-jangan dibawa sedih, ntar gawat kalo lama lama, malah depresi trs suicide lo
(udah bnyk orang yg keilangan iggy, itu ngebuat kita belajar setidaknya mengurangi kecerobohan dalam memelihara, akhir kata “mampus! kasian deh lo!”)
(RESERVED FOR UPDATE)

1 komentar:

katanya mandii iggy pkeg dettol ya gan??
klo terminum gmna?? bhya g??

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites